Friday 15 March 2013

Istilah Wotagei dan tutorial singkat wotagei with SHINSEKI48 MAKASSAR


Disini saya akan membahas tentang  Wotagei. Wotagei atau otagei adalah sorakan atau gerakan tari khas yang dilakukan oleh penggemar ketika menonton konser idola jepang. Wotagei adalah bentuk memberikan dukungan dalam acara-acara yang dilangsungkan oleh idola atau seiyu. Kata wotagei atau otagei merupakan singkatan dari aidoru [w]otaku no gei (gei berarti seni). Yang melakukan wotagei disebut utsu.
Memberikan dukungan kepada penyanyi idola di panggung dengan cara bersorak bersama sesuai dengan irama lagu suda dilakukan sejak tahun 1970-an (gua belum lahir :D) atau 1980-an (masih) oleh barisan penggemar setia para idola yang disebut shin-ei tai(barisan pengawal). Memasuki abad ke 21, beberapa gerakan ditambah sehinggan menhadi bermacam-macam dan sudah dikenal luas dengan sebutan WOTAGEI setelah dibawakn dalam konser-konser hello project.
Setelah diliput media massa, keberadaan wotagei sudah diketahui secara luas oleh masyarakat umum di jepang dan sudah sampai ke indonesia. Selain itu ada para fans-fans idola jepang berlomba-lomba membuat video wotagei di youtube  dan pertunjukkan live yang diadakan secara khusus untuk mempertunjukkan wotagei.
TUTORIAL WOTAGEI WITH SHINSEKI48 MAKAASSAR
Ada beberapa jenis gerakan wotagai :
Verse
1. OAD
·         Kantou version
Wave your hand left and right as by tums with one lighstick to hit second lighstick.

·          OAD Kansai version
Wave your hand left and right as by tums with fast, fixed with one lighstick to hit second lighstick.

2. Ni-Hai-O-Hai
Leave two handsfrom bottom then form two circles on the top.

3.  Rosario verse
leave one hands up, then to turn in shoulder bottom and go down bottom as cross to many four crossing.


3. Rosario
Leave one hands up like Rosario verse, then to turn in shoulder bottom

Reff
1.Technique
·         Thunder snake
Pin to left then pull and to turn in bottom chin then to turn again two arms, if two arms till on top cross to many six crossing, then turning your hand from right to life afterwards lift back your life arm the tunrnig your right hand.

·         Muramasa
3. Romansu
Wave your arms with fast to left and right.

Itulah sedikit postingan saya tentang wotagei. Arigatou :D dan terimah kasih juga buat shinseki48 makssar. Bagi yang ingin belajar wotagei lebih jelas nonton aja 

0 comments:

Post a Comment