Thursday 11 April 2013

Workshop Creative Writing Komunitas Blogger Wajo

Komunitas Blogger Wajo



Walaupun meleset dari tema blog ini tapi saya ingin membagikan pengalaman saya tentang Workshop Creative writing Blogger Wajo. Kemarin minggu 7 april 2013 saya  ke Acara Workshop writing Creative Blogger Wajo di rumah adat atakkae. Walaupun jarak atakkae dan rumah saya cukup jauh dan harus salah jalan sampai 2 x(*langsung pergi  aja padahal gak tau jalan :v)  tapi saya tetap semangat karena saya pikir saya gak boleh ketinggalan acara yang sangat penting ini. Di artikel ini saya akan membahas acara Workshop Creative Blogger Wajo (*mengungkap hal-hal tabu dan patut diperbincankan setajam silet :v ) wkwkwkwkwkwk

Acara ini dilaksanakan pada hari minggu, 7 April 2013 jam 12:00. Workshop ini mengambil tema menulis creative.  Kenapa harus menulis ? Kenapa bukan mendesain blog? Karena tanpa tulisan/artikel blog kita gak ada gunanya. Buat apa blog kita cantik/keren dan  kita susah-susah mendesain blog kita kalau isinya gak ada. Blog ibarat kertas putih kosong dan kita dituntut untuk menulis dikertas itu yang nantinya akan dibaca oleh semua orang. Menulis creative adalah dimana artikel kita buat menarik untuk dibaca oleh pengunjung dan membisakan diri kita untuk tidak mengcopast (copy paste) artikel dari blog lain. Karena kita harus membiasakan membuat artikel kita sendiri tanpa mengcopast dari blog lain, walaupun artikel kita banyak tapi itu semua hanya dari pikiran orang lain terasa gak puas.  Selain itu, google akan mengabaikan artikel anda apabila isi artikel anda ditemukan mempunyai  banyak  kesamaan dengan artikel dari blog lain.
Acara workshop diselenggarakan oleh KBW(komunitas blogger wajo) dan disponsori oleh TELKOMSEL. Workshop ini memberikan kesempatan kepada blogger wajo untuk meningkatkan skillnya di dalam dunia tulis menulis. Saya sangat tertarik untuk menyimak Acara ini dari awal sampai akhir karena Acara workshop ini menurut saya sangat penting dan harus diikuti. Dulu saya sering copast tapi setelah saya mengikuti workshop Ini saya mencoba tidak copast lagi (*terimah kasih klinik tong **** |piiiippppp sensor XP) wkakakakaka maaf becanda :D tapi itu beneran loh. Selain itu acara workshop bertujuan untuk melatih para blogger wajo untuk menulis artikel yang menarik dan creative. Di workshop ini kita diajarkan 3 hal yaitu :
1. Menulis Creative : Melatih kita untuk menulis yang menarik untuk dibaca oleh pengunjung.  Di dalam menulis kreatif kita harusnya menentukan tujuan artikel yang kita tulis, cari bahan untuk tulisan kita, mencari inspirasi, dan harus sesuai dengan mood. Selain itu kita biasakan menulis apa adanya yang ada di dalam pikiran kita. Dan yang terakhir jangan biasakan copast.
2. mobile photographi : dimana disini kita diajarkan kelebihan photographi lewat mobile/ponsel Karena kita tahu sendiri sekarang kamera sudah bisa dikatakan fitur standar handpone dan sudah jarang kita melihat handpone yang tidak memakai kamera. Selain itu, mobile photographi lebih mudah dipakai/tidak memerlukan skill dan bisa dibawa kemana-mana. Walaupun begitu, kelemahan dari mobile photographi adalah resolusi yang rendah tapi tidak sedikit juga smartphone yang dapat menyamai resolusi dari kamera digital dan kamera manual. Hubungannya dengan blog adalah dimana hasil foto kita nantinya akan dimasukkan didalam artikel kita nanti. Ini adalah foto saat kakak a. agus salim sedang memberikan materi tentang mobile photographi

3.Tehnik SEO : tehnik seo atau Search Engine optimazation  adalah tehnik yang digunakan para blogger dengan tujuan agar artikelnya dapat menduduki peringkat pertama di google dan banyak dikunjungi dengan memanfaatkan algoritma .inilah untungnya memakai blogspot karena blogspot adalah anaka kandung sendiri dari google dan tidak munkin di nomor 2kan. rangking artikel kita juga sangat dipengaruhi oleh kualitas artikel kita karena dengan artikel yang buruk(maksudnya Cuma copast) maka google akan mengabaikan artikel karena google menganggap artikel itu Cuma sampah. Namun,banyak webmaster yang  memanipulasi  supaya artikelnya menjadi yang pertama. Secara resmi google melarang blogger untuk memakai cara itu dan apabila masih nekad terancam akan dihapus dari indeks pencarian.
Di acara ini kita juga dapat sedikit pencerahan tentang hacker dan sisi baik dan buruk cracker yang mengatakan “hacker dibagi atas 2 yaitu white hacker dan black hacker” dimana disini black hacker adalah orang yang merusak website-website lain(misalnya mendeface) dan white hacker adalah orang yang memberikan pertahan dan memperbaiki website, sedangkan cracker adalah orang yang mencuri kode dari suatu aplikasi atau system operasi (misalnya office dan windows 8) namun sisi baiknya tanpa seorang cracker di Indonesia banyak orang yang tidak mempunyai office dan windows 8 yang kita tahu office adalah aplikasi yang sangat berpengaruh di PC/laptop dan sangat dibutuhkan para serjana untuk menyusun sebuah skripsi . Selain itu disini kita juga diberikan pencerahan bahwa menjadi untuk seorang blogger sejati tidak mudah dan harus melalui rintangan yang panjang.
Sebagai bonus buat para peserta workshop kami diberikan kue (*wkwkwkwk yang ada  pikirannya makan ) dan sertifikat . :D Terima kasih kepada komunitas blogger wajo yang telah menyelenggarakan sebuah acara yang sangat berguna bagi saya  dan orang banyak.  
Kunjungi Website bloggerwajo
Itulah sedikit dari artikel sederhana saya tentang workshop  writing creative blogger wajo. Kalo ada kritik dan sarannya bisa dikomen karena kritik dan saran anda sangat berguna bagi saya.

0 comments:

Post a Comment