Tuesday 16 April 2013

Fans JKT48 punya style


Selain karena membernya yang banyak JKT48 juga terkenal dengan Fansnya yang unik. Walaupun di jepang gaya seperti ini sudah mainstum :v tapi gak papa lah toh di Indonesia juga masih baru banget. Ada beberapa hal yang membuat fans jkt48 berbeda  dengan fans-fans lain di Indonesia. Misalnya chant, atribut saat ngelive, wotagei, dan masih banyak lagi. Disini saya akan mengepost sedikit tentang keunikan fans jkt48 :D

1. Chant, ini adalah pertama kali di Indonesia dan chant mix adalah sorakan has atau yel-yel dari para fans untuk menyemangati idolanya. Chant sendiri memiliki beberapa bagian yaitu standar version chant dan Japanese version. Chant mix sering dipakai oleh para otaku dan fans-fans jepang .
2. Wotagei, sebenarnya chant juga termasuk wotagai tapi disini saya akan membahas tentang tari has oleh para otaku dan fans buat idolnya:D. kalo mau lihat penjelasan lebih lenkapnya Kemarin saya sudah membahas tentang wotagai klik saja how to wotagei
 3. Atribut saat ngelive, selain yang di atas fans jkt48 juga terkenal dengan atribut yang mereka gunakan saat ngelive. tidak sedikit atribut yang selalu dipakai fans jkt48 menjadi inspirasi buat fans-fans lain di indonesia dan sekarang lagi nge-trend misalnya saja lightstick. Munkin kalian tahu kalo lightstick yang dipakai fans-fans jkt48 sekarang sudah banyak band-band/musisi lain di indonesia yang memkai lightstick(contohnya c*b* dan a**es). Selain lighstick fans-fans jtk48 juga sring memakai masker, official baju, pin, dll.
Selain Yang di atas ada beberapa kubudayaan yang berkembang dikalangan fans jkt48, misalnya saja :
1. Fanatik
Fans jkt48 dikenal dengan fanatiknya saat mendukung (*ingat ya pake g :v) member jkt48. Mereka rela mengunggu berjam-jam saat ingin membeli SWAG atau marchiden official atau baru dikeluarkan official dan mereka juga terlihat sabar saat harus berjam-jam menunggu antrian Waiting List(Watlist) theater maupun konser-konser.  Namun karena kefanatikannya fans jkt48 juga kerap dikenal sebagai  fans yang rusuh karena susah diatur dan ketidak sabaran mereka ingin melihat idola mereka perfom. So kita sebagai fans jkt48 harus menjaga nama baik jkt48 fans dan jkt48 sendiri.
2. Kata Sungkem (m(_ _)m)
 simbol sungkem [ m(_ _)m ] atau orang yang sedang berlutut diberikan kepada Fans JKT48 yang lebih mengerti tentang jkt48. Namun symbol ini juga sering diapakai fans JKT48 untuk meledek fans yang  sok tahu atau sok sepuh :v.
3. Tingkatan Fans ( ini hanya becandaan fans jkt48)
Seiiring berkembangnya fans jkt48 (*hanya dalam 1 tahun lebih dari setengah juta orang menyukai jkt48) tingkatan fans juga semakin berkembang. Misalnya saja sepuh, newbie, \/\/ota, super \/\/ota, \/\/otalay, manusia langit, manusia bawah tanah, manusia dewa, zombie, zombie jomblo,  dan masih banyak lagi. Tapi harus diingat yang saya sebutin tadi hanya bacandaan anak fans jkt48 dan fans jkt48 hanya satu JKT48 FANS.
4. budaya memancing/troll
Memancing atau dikalangan fans lebih akrab di sebut “TROLL” . Maksudnya disini bukan MEMANCING IKAN, melainkan kebiasaan menguji fans lain, menimbulkan kesalah pahaman, atau menyamar menjadi fans baru dan baru-baru ini sudah marak sok fans luar negeri. Budaya memancing sudah terjadi sejak nenek moyang mereka AKB48, motivasi seseorang memancing amarah, ingin dikenal,karena merasa paling hebat, dan karena iseng-iseng.

5. Penyuka anime
Tak dipunkiri Fans jkt48 juga kebanyakan menyukai anime. Munkin karena sebagian besar  fans jkt48 adalah laki-laki jadi anime sudah menjadi trend dikalangan fans jkt48.
6. suka menabung
Karena sebagian besar fans jkt48 adalah pelajar jadi banyak dari mereka rela menabung untuk ke theater ato beli barang official jkt48.
7. suka berorganisasi
Salah satu yang membuktikan fans jkt48 suka berorganisasi adalah banyak fanbase-fanbase jkt48 di dunia maya maupun dunia nyata.
8.  penyuka meme comic
Munkin anda tidak asing lagi dengan meme comic. Faktanya 95% fans jkt48 itu suka meme comic loh. Saya juga tidak tau kenapa ini bisa terjadi? Apa ini ulah spongebob? Ato ulah Patrick? Ato ulah yayang subur? Entahlah. Ada juga loh fp meme comic jkt48
Itu sedikit artikel saya. Kalo ada saran ato kritik bisa dikomen yoooo :D
tolong dibuka juga Trend terbaru dikalangan fans JKT48 

0 comments:

Post a Comment